Navigasi
SMKN 1 MAKALE
Profil
Kurikulum
S D M
Unit Produksi
Hubungan Industri
Kontak Kami

PROGRAM PSMK
ICT Center
School Mapping
Kemitraan
ISO 9001:2000
S B I
TUK Telematika

KHUSUS ANGGOTA
Kirim Berita
Kirim Artikel
Kirim Foto
Kirim Link
Kirim Kritik & Saran

Siswa Praktek
Siswa Praktek
Program Keahlian Otomotif

Agenda
Mei 2015
SSRKJSM
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31


Selengkapnya klik disini
Info
.: SMK Negeri 1 Makale :.
SELAMAT DATANG
Irwan Andi Lolo
sebagai anggota baru

Anggota Terdaftar: 22
Super Administrator: 1
Administrator: 3
User: 18

Anggota Online:
admin324 minggu
barto324 minggu
Kristian Misalayuk337 minggu
Martsamben351 minggu
khubus362 minggu

Tamu Online: 1

IP Anda: 54.82.50.27

Kategori Forum 10
Forum Thread 1
Forum Post 1
Komentar 1
Buku Tamu 7
Berita 5
Artikel
Album Foto 9
Foto dalam Album 36
File Unduh 1
Katerogi Unduh 6
Link Situs 8
Shoutbox Post 38
zyrex smkn 1 makale [ | 97 x dibaca] |:| AUDIT SURVEILLANCE SMKN 1 MAKALE [ | 807 x dibaca] |:| Verifikasi TUK LSP Telematika di SMKN 1 Makale -#1 [ | 1170 x dibaca] |:| Penigkatan mutu tenaga pendidik [ | 3135 x dibaca] |:| ISO 9001:2000 [ | 3022 x dibaca] |:|
 
 

Sekolah Bertaraf Internasional

A. Pendahuluan

Dalam rancangan pembangunan jangka panjang Departemen Pendidikan Nasional 2005-2025, digunakan empat tema strategis Pendidikan yaitu: Peningkatan kapasitas dan modernisasi, penguatan dan pelayanan, daya saing regional dan daya saing internasional.

Setiap tema strategis pembangunan Pendidikan jangka panjang tersebut diturunkan dalam program kerja Departemen sesuai kebijakan pembangunan jangka menengah yang menekankan pada tiga tantangan utama yaitu: 1) pemerataan dan perluasan akses, 2) peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, 3) peningkatan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik.

Menyadari bahwa pembangunan bangsa perlu memperhatikan perwujudan kualitas manusia sebagai kekuatan dasar untuk mencapai tujuan pembangunan tanpa mengorbankan pertumbuhan ekonomi. Dalam perspektif mutu pendidikan kita ketahui bersama bahwa peningkatan mutu pendidikan dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling terkait satu sama lain. Faktor-faktor tersebut merupakan subsistem, dalam rangka pengembangan yang menuntut suatu perubahan atau penyesuaian antar subsistem tersebut. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi suatu mutu hasil akhir kinerja baik itu faktor internal input, ekternal input maupun proses. Faktor-faktor ini merupakan faktor dominan sehingga harus secara sungguh-sungguh dapat diidentifikasi dan dirumuskan agar menjadi faktor pendorong akan mutu kinerja yang diinginkan.

Pencapaian mutu kinerja sebagai sekolah bertaraf internasional, dapat terlihat pada perspektif variabel SMK bertaraf internasional yang mengemukakan 12 profil sekolah bertaraf internasional yang akan dikemukakan pada laporan ini.

B. Tujuan

Tujuan program pendampingan sekolah bertaraf internasioanal pada SMK Negeri I Makale Sulawesi selatan adalah:

  • Melakukan pengkajian terhadap aspek-aspek pokok yang menjadi sumber permasalahan sebagai prioritas pembinaan/ pendampingan bagi sekolah dalam rangka mencapai SMK bertaraf internasional.
  • Terbentuknya etika kerja profesional dan kemandirian dalam melaksanakan kegiatan/program secara berkesinambungan dalam mencapai SMK bertaraf internaional.
  • Melaksanakan penyusunan rencana peningkatan kinerja sekolah secara tersistem sehingga dapat mencapai SMK bertaraf internasional.

C. Sasaran Sekolah Pembinaan

Adapun yang menjadi sasaran prioritas pembinaan adalah:
SMK Negeri I Makale Sulawesi Selatan Tlp. 0423-24171
email : smkn1mkl@yahoo.co.id

D. Unsur yang Terlibat

Pembinaan tahap 1 melibatkan seluruh unsur tekait dalam pencapaian program SBI, yaitu:

  1. Kepala Sekolah
  2. Wakil kepala sekolah bidang Kurikulun dan staf terkait
  3. Wakil kepala sekolah bidang Hubungan Industri dan staf terkait
  4. Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan staf terkait
  5. Wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana dan staf terkait
  6. Wakil Manajemen Mutu ISO 9001:2000 dan staf terkait
  7. Kepala program studi teknik mekanik otomotif
  8. Kepala program studi teknik komputer jaringan
  9. Guru produktif teknik mekanik otomotif
  10. Tim pendamping TEDC Bandung

E. Komponen Program Pembinaan

Komponen program pembinaan yang dilakukan adalah:

  1. Quality Assurance SMM - ISO 9001:2000
  2. 4 mata pelajaran (selain bahasa Inggris ) disajikan dalam bahasa inggris
  3. Teaching Factory
  4. Bengkel Standar (Standard Training Workshop)
  5. Bengkel Advance (Advance Training Workshop)
  6. Lingkungan dan Kultur Sekolah
  7. Ada orang asing untuk parter komunikasi
  8. Partner Indusrtri/partner asing
  9. Lulusan bekerja di luar negeri
  10. Score TOEIC lebih besar dari 400
  11. Program ICT
  12. Sertifikasi Internasional dan TUK

F. Pelaksanaan

1. Alur Pelaksanaan

2. Uraian Pelaksanaan

  • Persiapan Pendampingan

Pada tahap awal dilakukan konsolidasi tugas dengan unsur sekolah dan meminta sekolah membentuk tim kerja berupa panitia penyusunan program tindak lanjut Sekolah Bertaraf Internasional.

  • Presentasi dan penyamaan persepsi 12 prioritas pembinaan

Unsur yang terlibat diberikan penjelasan tentang 12 prioritas pembinaan dan juga materi pendukung yang berkaitan langsung dengan percepatan pencapaian kinerja SBI. Kegiatan presentasi dilanjutkan dengan tanya jawab dan sumbang saran tentang SBI.

  • Analisis ketercapaian indikator kinerja

Kegiatan ini dilakukan dengan membahas setiap kegiatan yang telah dan belum terlaksana di sekolah. Dan dilakukan analisis bedah masalah terhadap profil SBI yang ditetapkan. Faktor pendukung dan penghambat yang dominan dijadikan pedoman dalam menetapkan rencana program tindak lanjut pencapaian kinerja SBI oleh sekolah.

  • Penyusunan program tindak lanjut November 2006-Juni 2007

Untuk penyusunan program tersebut melibatkan semua unsur terkait sesuai kelompok bidang garapan dan tupoksi staf terkait. Namun tetap memperhatikan urutan prioritas serta kesiapan sumber daya yang ada.

  • Presentasi Program Tindak Lanjut

Program yang telah disusun oleh setiap kelompok kerja yang telah dibentuk selanjutnya dipresentasikan untuk memperoleh masukan dalam rangka validasi dan penajaman kinerja program.

  • Kesepakatan Tindak Lanjut

Komitmen dari unsur top manajemen dan seluruh unsur manajemen terkait dan perwakilan staf / guru merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu kesepakatan akhir haruslah dipahami dan dijadikan acuan oleh semua pihak di sekolah dan kepada manajemen puncak diharapkan melakukan pengendalian secara maju berkelanjutan.

G. Potret Kinerja

Berdasarkan hasil diskusi dan tinjauan situasi kondisi nyata di SMK maka diperoleh potret kinerja adalah:

  1. Quality Assurance SMM - ISO 9001:2000
    • Sertifikasi ISO 9001:2000 belum diperoleh Sekolah. Saat ini sedang tahap proses implementasi di sekolah.
    • Sistem Manajemen Mutu diimplementasikan di sekolah. Perangkat dokumen SMM-ISO 9001:2000 sedang dikerjakan dan diterapkan diberbagai unit kerja. Pedoman Mutu, Prosedur Operasional Standar, Instruksi Kerja, Form implementasi ISO telah dibuat. Pada tahap pendampingan tahap I, seluruh dokumen tersebut sudah dibuat secara keseluruhan sesuai dengan tuntutan pasal-pasal ISO 9001:2000. Saat ini sedang persiapan untuk Eksternal audit yang direncanakan pada bulan Desember 2006.
  2. Empat mata pelajaran (selain bahasa Inggris) disajikan dalam bahasa inggris. Kompetensi yang telah menggunakan bahasa inggris yaitu 1 (satu) kompetensi " main engine components and function” yang diimplementasikan dalam bentuk modul berbahasa inggris. Sedangkan penyajaian KBM dalam bahasa inggris dalam tahap persiapan yang akan diimplementasikan pada kelas khusus SBI. Standar pembelajaran dengan penekanan berpusat pada peserta didik belum sepenuhnya dilaksanakan. Score TOEIC bagi guru produktif minimal 550 juga belum tercapai.
  3. Teaching Factory telah direncanakan dalam program kerja tahunan sekolah dan sebagai wujud implementasinya telah dilakukan penyiapan pemenuhan fasilitas fisik bengkel dan beberapa peralatan standar yang mengacu pada standar industri otomotif. Untuk pemahaman tentang teaching factory 8 orang guru bidang studi otomotif akan melakukan study banding ke industri otomotif yang berskala internasional antara lain Toyota Astra Int, Astra Honda Motor, dan Daihatsu Motor Makassar.
  4. Bengkel Standar (Standard Training Workshop)
    • Bengkel standar sudah berjalan sesuai dengan Program keahlian teknik mekanik Otomotif. Beberapa fasilitas praktik berupa trainer dan peralatan lainnya dirasakan masih perlu ditingkatkan baik jenis dan jumlahnya.
  5. Bengkel Advance (Advance Training Workshop)
    • Penyiapan peralatan untuk menangani pembelajaran maupun pekerjaan teknologi mutakhir dibidang Otomotif kendaraan ringan, sebagian sudah tersedia yang dana pengadaannya diperoleh dari bantuan revitalisasi peralatan.
  6. Lingkungan dan Kultur Sekolah
    • Implementasi pelaksanaan K7 secara berkesinambungan terus ditingkatkan di sekolah melalui pengarahan tentang kesadaran ataupun sekolah berwawasan lingkungan serta perbaikan pembuangan limbah cuci. Untuk menciptakan lingkungan yang asri dengan penanaman pohon perindang disesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada. Program lingkungan hidup yang terintegrasi dalam materi kejuruan sebahagian telah dilakukan.
  7. Ada orang asing untuk partner komunikasi
    • Untuk prioritas pembinaan berkomunikasi dengan orang asing telah terjadi namun masih temporer, dan akan diprogramkan dalam kinerja jangka panjang.
  8. Partner Indusrtri/partner asing
    • Beberapa Industri telah bekerja sama dengan pihak sekolah akan tetapi sebagian belum dapat dibuktikan dengan nota kerja sama (MoU). Industri yang telah menerima siswa prakerin / PSG dan tempat studi banding serta penerimaan lulusan / alumni SMK Negeri I Makale antara lain :
      • PT. Toyota Astra Haji Kalla
      • Andri Sport Motor
  9. Lulusan bekerja di luar negeri
    • Sampai saat ini sekolah sedang dalam proses pemenuhan tuntutan sebagai sekolah SBI, sehingga belum ada lulusan yang dihasilkan dari kelas SBI yang bekerja di luar negeri.
  10. Score TOEIC lebih besar dari 550
    • Sebahagian guru telah mengikuti test TOEIC namun belum mencapai score yang dipersyaratkan.
  11. Program ICT
    • Program ini baru dalam tahap sosialisasi dengan dinas pendidikan Kabupaten Tana Toraja.
  12. Sertifikasi Internasional dan TUK
    • Belum satupun guru produktif bidang studi Otomotif yang memperoleh sertifikat kompetensi dari LSP. Pihak sekolah telah memprogramkan untuk mengikutsertakan guru mengikuti uji kompetensi bidang Otomotif yang dilaksankan oleh LSP-ITO Indonesia namun belum terlaksana. Hal ini merupakan kinerja prioritas dalam penyusunan kinerja November 2006 - Juni 2007. Maka dapat dikatakan kesiapan sekolah dalam pembentukan tempat uji kompetensi (TUK) teknisi otomotif baru pada tahap rencana jangka panjang.

H. Penutup

Demikian laporan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pendampingan program tindak lanjut.

 
sbi.txt · terakhir diubah: 2009/03/07 16:18
 
Login
Nama User

Password



Belum jadi anggota?
Klik disini untuk registrasi.

Lupa password anda?
Permintaan baru Klik disini.
Jajak Pendapat
Kehadiran ICT Center di Sekolah menurut anda?

Perlu

Tidak Perlu

Tidak Tahu

Anda harus login untuk vote.
Antar Kita
Maksimal Karakter
Nama:

Pesan:
Smileys | Tebal | Warna | ?

admin  

Terima kasih buat mas gun atas dukungannya. galuhweb hosting memang okclap

G Gunawan

dah ok p nuh ... selamat berkarya lagi ya .. salam

SMK Andika Mebali

Sukses terus untuk SMK Negeri 1 Makale

Y.MALLISA'

PAK KALAU BISA SOAL-SOAL LOMBA WAKTU DIMAKASSAR DULU DIAJARKAN UNTUK ADIK - ADIK KELAS 1 DAN 2.

rinto

MAKIN SUKSES BUAT PAK REDE

Antar Kita yang lain (on/off)
Yahoo IM
M. Samben's YIM Status M. Samben
Barto's YIM Status Barto
Esthon's YIM Status Esthon
M. Nuh's YIM Status M. Nuh

Selengkapnya klik disini


Baca FAQ untuk RSS Feeder/Reader



Hosted By :
GALUHWEB TECHNOLOGIES


*** Proud to support the mission of ICT Center & School Mapping form DEPDIKNAS PSMK Directorate ***
Jl. Tilanga' Kel. Sarira Kecamatan Makale Kab. Tana Toraja Prov. Sulawesi Selatan
Kode Pos:91819 Telp/Fax: 0423-24171 e-mail: admin@smkn1makale.sch.id Website: http://www.smkn1makale.sch.id
| Loading : 1432501162.93 detik